profil featured

Profil

PT Karsa Abdi Husada memiliki rumahsakit swasta terbesar di Tasikmalaya dengan jumlah tempat tidur per tanggal 31 Desember 2014 sebanyak 182 tempat tidur dan jumlah tenaga medik sebanyak 67 dokter. Selain itu PT Karsa Abdi Husada juga memiliki laboratorium klinik dan apotek di Kota Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Bandung, dan Subang.

Selama lebih dari 17 tahun, PT Karsa Abdi Husada menjadi pelopor dan memberikan banyak peran penting dalam perkembangan layanan kesehatan di Tasikmalaya. PT Karsa Abdi Husada melalui Strategi Bisnis Unit (SBU) Rumahsakit Jasa Kartini telah berhasil mendapatkan Akreditasi versi 2007 untuk 5 pelayanan dasar pada tahun 2012 dan sekarang akan menempuh akreditasi versi 2012.Rumahsakit Jasa Kartini dibawah PT Karsa Abdi Husada dikenal sebagai pemimpin dalam model layanan klinis inovatif, peralatan canggih, fasilitas berorientasi pasien dan layanan klinik maupun non-klinik terpadu di Tasikmalaya. Keunggulan PT Karsa Abdi Husada dalam peralatan terkini menghadirkan CT-Scan, ESWL, Endoscopy yang pertama di Tasikmalaya.

Rumah Sakit Jasa Kartini merupakan salah satu lembaga pelayanan jasa kesehatan di Kota Tasikmalaya yang berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata No 15 Tasikmalaya. Awal diprakarsainya Rumah Sakit Jasa Kartini bermula dengan didirikannya Yayasan Karsa Abdi Husada pada tahun 1996 yang mulai melakukan persiapan dan pembangunan Rumah Sakit Jasa Kartini.

Rumah Sakit Jasa Kartini mulai menunjukkan pelayanannya kepada masyarakat Tasikmalaya pada bulan Mei 1998, terdorong oleh adanya wabah demam berdarah yang berjangkit di Tasikmalaya. Sejak saat itu jumlah tempat tidur rawat inap Rumah Sakit terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan peningkatan animo masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu. Dari 4 tempat tidur diawal 1998 hingga 70 tempat tidur dengan BOR rata-rata 70% diakhir 2001, dan memasuki tahun 2002 Rumah Sakit Jasa Kartini telah mampu memberikan pelayanan rawat inap, rawat jalan, rawat darurat serta penunjang medik dan non medik. Memasuki tahun 2003 Rumah Sakit Jasa Kartini mampu menambah fasilitas hingga 82 tempat tidur dengan BOR rata-rata 80%, dengan penambahan fasilitas rawat intensif, Obgin, serta rawat jalan spesialistis yang dapat dikunjungi setiap hari.

Sebagai salahsatu Rumah Sakit Umum swasta di Tasikmalaya, sejak berdiri sampai saat ini Rumah Sakit Jasa Kartini tumbuh dan berkembang dengan percepatan yang sangat baik jika dibandingkan dengan lembaga pelayanan kesehatan sejenis di Kota Tasikmalaya. Ini terlihat dari sisi pengembangan fisik bangunan, fasilitas pelayanan dan pengembangan sumber daya manusia. Perkembangan itu diikuti pula dengan peningkatan kinerja Rumah Sakit secara umum seperti peningkatan jumlah pasien dan hari rawat, tingkat hunian (Bed Occupancy Ratio) yang mampu dipertahankan diatas rata-rata, tingkat produktivitas tempat tidur (bed turn over) yang optimal dan penurunan lama hari rawat (Average Length of Stay) Pasien.

Kebutuhan akan Rumah Sakit dengan pelayanan prima yang terjangkau sudah dinantikan oleh masyarakat Tasikmalaya dan sekitarya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Rumah Sakit Jasa Kartini, yang juga dibuktikan dengan meluasnya cakupan wilayah pelayanan Rumah Sakit Jasa Kartini, mulai dari Ciamis, Banjar, Garut, Kuningan, Majalengka hingga Majenang, serta banyaknya instansi yang telah mempercayai untuk bekerjasama dengan Rumah Sakit Jasa Kartini.

Akhir tahun 2003 lembaga kepemilikan Rumah Sakit dirubah dari Yayasan menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Karsa Abdi Husada. Diharapkan dengan perubahan lembaga kepemilikan ini bisa meningkatkan kinerja Rumah Sakit Jasa Kartini sebagai sebuah badan usaha yang bermotif laba dengan tetap memperhatikan prinsip kemanusiaan dan mampu meningkatkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat pengguna jasanya.

Harapan masyarakat Tasikmalaya untuk memiliki Rumah Sakit swasta yang baik mendapat sambutan yang positif dari Pemerintah Daerah Tasikmalaya dan Pemerintah Propinsi Jawa Barat dengan terbitnya Izin Rumah Sakit Umum untuk Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya dari Dinas Kesehatan Pemerintah Propinsi Jawa Barat No. 503/SK 134 Yankesru/2001 tertanggal 23 September 2001, pada tahun 2002 seiring dengan pelaksanaan Otonomi Daerah perizinan Rumah Sakit Jasa Kartini diperbaharui dengan turunnya Surat Keputusan dari Dinas Kesehatan Kota Tasiknalaya No. 445/303/02/YANKES/RSU/DKK/2004 mengenai Izin Penyelenggaraan Operasional Sementara Rumah Sakit yang dikukuhkan dengan Izin Tetap Penyelenggaraan Rumah Sakit dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor YM.C2.04.3.5.2092 tertanggal 9 Juni 2006 sampai akhirnya dalam tahun 2011 diperoleh lagi Izin Tetap Penyelenggaraan Rumah Sakit dari Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Tasikmalaya Nomor 503.2/011/445.1/VI/2011 tertanggal 22 Juni 2011. Dengan terbitnya ijin tersebut, Rumah Sakit Jasa Kartini berkeinginan untuk lebih memperkenalkan keberadaannya kepada masyarakat.

Selain pengakuan yang diperoleh dari masyarakat tentang keberadaannya sebagai pemberi layanan kesehatan terkemuka di Tasikmalaya, Rumah Sakit Jasa Kartini pun mendapat pengakuan dari pemerintah pusat sebagai penyelenggara layanan kesehatan yang telah memenuhi standar pelayanan kesehatan yang ditetapkan pemerintah yaitu dengan keluarnya Sertifikat Akreditasi untuk Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Indonesia.

Dalam rencana induk Rumah Sakit lima tahun kedepan diharapkan perkembangan Rumah Sakit Jasa Kartini mampu mencapai Rumah Sakit dengan kapasitas 200 tempat tidur dengan klasifikasi Rumah Sakit tipe B, serta menjadi pusat rujukan pelayanan kesehatan untuk daerah Priangan Timur.

VISI

Menjadi Rumah Sakit kebanggaan masyarakat kota Tasikmalaya dan sekitarnya.

 MISI

Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi penyedia dan pengguna jasa pelayanan kesehatan dengan mengedepankan profesionalisme yang dilandasi nilai-nilai kemanusiaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.

 MOTO :

 Credible

Mewujudkan pelayanan yang menimbulkan rasa aman dan dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman dibidangnya.

 Accessible

Mewujudkan pelayanan yang mudah didapat dan tanpa hambatan.

 Reliable

Pelayanan yang dapat diandalkan pada saat anda membutuhkannya adalah tujuan dari pekerjaan kami.

 Excellent

Kesempurnaan adalah pencapaian tiada akhir yang selalu kami upayakan demi kepuasan anda.

 FALSAFAH     

Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang dilandasi norma agama.

credible | accessible | reliable | excellent

'